Senin, 15 Oktober 2007

Pesan dari Bintang


hehe. basi yah kalo gue baru mau review itu sekarang. sebenrnya gue udah baca nih buku jaman dulu bet waktu gue masih muda, tapi kemarena gue algi mellow gila2an dan akhirnya gue baca lagi, dan gue baru meresapi maknanya. ceilah.


hmm. sebenernya ceritanya rada2 standar yah. cowok-cewek sahabatan terus suka terus jadian terus nikah. tapi yang mau gue omongin disini adalah gimana seorang Sitta Karina (the author) bisa gambarin setiap karakter dan kehidupan karaktwer2nya yang 'bukan orang indonesia kebanyakan', banyak banget konflik dan permainan dimensi waktu dan tempat, dan detail2 kecil. cuma satu komen gue untuk buku itu "You simply cant stop reading.." haha. bneran.


karakter utamanya, namanya Inez, digambarin sbg cewek dari keluarga superkonglomerat yang manja-cewekbanget-tapi tidak sombong. sekials, gue ngelait sosok inez ini sbg 'almost perfect' karena cantik kurus gaul gaya sekolahdiamrik sekolahfashion tajir pakebajudisainer pacarcakep2 sodaracakep2. gila dah. kurang apalgi coba. tapi gue ngeliatnya dia cewek lemah-bodoh seperti Paris Hilton. tapi SittaKarina berhasil munculin karakter kuat dan lembutnya si Inez ini. gimana dia berhasil struggle di kehidupannya. SittaKarina berhasil berimajinasi tanpa melupakan sisi hitamputihnya. balance, gitu. keren kan. biasanya kan kalo penulis udah kebanyakan ngayal jadinya keliatan nggak real. kayak bukan manusia gitu. tapi karakternya si Inez nih emang hidup banget, mature dan konkrit aja menurut gue.
trus karakter utama cowoknya namanya Niki. si Niki ini sih digambarin sbg cowok biasa2 aja, simpel, apa adanya, tapi punya sisi hitam juga. di buku ini si Niki ini diceritain punya kelainan jiwa namanya PTSD (post traumatic apaaa gitu gue lupa) dan SittaKarina berhasil nulisin detail tentang kelainan ini. dalem abnget, bukan cuma ngeraba2 dari luar.
trus keluarga hanafiah. gue bingung loh ada keluarga seperti itu. TAJIR gila2an, tapi SOLID juga gila2an. karakternya banyak, dan amsing2 punya ciri kuat yang nggak pernah sama satusamalain. dan sittaKarina bisa nulis tentang mereka more than a skin deep. dia kayak bener2 ngalamin kehidupan itu sendiri.
hmm. menurut gue, novel ini logis banget dan perlu pemikiran cukup berat untuk menghasilkan novel ini. ringan, tpai nggak murahan. nggak kayak teenlit2 jamansekarang tuh. banyak puisi2 yang diselipin di batas bvabnya juga bikin novel ini makin menarik. makin bikin mellow. dan menurut gue, ini adlaah buku terbaiknya sitta karina untuk serial Hanafiah-nya *gue nggak baca serial yang lain* nggak kayak lukisan hujan dan puteri hujan dan ksatria malam yang rada kekanak2an *yah, emang setting umurnya beda*. menurut gue pesan dari bintang lebih real dan amture aja, dan kayaknya sittakarina emang menguasai setiap detail hal2 yang ditulis di novel ini. kalo dia 2 buku yang lain itu, yah agak keliatan ngeraba2.
hmm. good luck for u then, mbak sittakarina :)

Tidak ada komentar: